Kamis, 17 Oktober 2013

Cara Memasang Kabel Front Panel pada Motherboard


Ketemu lagi nih sob, udah lama saya gak pernah posting. Biasalah masih anak sekolahan, jadi banyak tugas yang harus diselesaikan dulu. Nah, mumpung lagi ada kesempatan buat posting, saya akan nge-Post mengenai Cara Memasang Kabel Front Panel pada Motherboard
    Pemasangan kabel Front Panel mungkin sedikit Membingungkan, oleh karena itu Saya akan memberikan tips bagaimana cara Memasangnya. Karena dulu saya sendiri juga dibingungkan dengan Pemasangan Kabel ini. OK langsung saja ke Intinya sob.
Front Panel umumnya terdiri dari 4 Pasang Kabel, yaitu :
1. Lampu LED Harddisk (HDD LED)
2. Lampu LED Power (POWER LED)
3. Tombol Reset (RESET SW)
4. Tombol Power (POWER SW)
    Untuk petunjuk pemasangan kabel Front Panel ini, biasanya ada pada Buku Manual Motehrboardnya, karena setiap Motherboard pasti berbeda-beda. Tapi, untuk sekarang hampir semua mainbord menggunakan standar yang sama dalam peletekan Pin-pin.
    Kabel Front Panel terdiri dari 10 pin. Sehingga lima pin dibawah semua bernomor ganjil, dari kiri ke kanan bernomor 1-3-5-7-9. Sedangkan pin-pin pada barisan atas bernomor genap 2-4-6-8-10. Pin yang Kosong adalah Pin 10.
Berikut adalah Susunan pemasangan Kabel Front Panel :
1-3 Ke Kabel HDD LED
2-4 Ke Kabel POWER LED
5-7 Ke Kabel RESET SW
6-8 Ke Kabel POWER SW
Sedang Pin 9 dibiarkan Kosong
    Pin 1, 2 dan 6 dihubungkan dengan kabel positif, hanya pin nomor 5 yang dihubungkan dengan kabel negatif. Sebaliknya, pada kolom sebelah kanan hanya pin nomor 7 yang terhubung ke kabel positif sedangkan pin nomor 3, 4 dan 8 terhubung ke kabel negatif. Sangat mudah untuk menghafal, bukan? 1-3, 2-4, 5-7 dan 6-8. Positif-negatif, positif-negatif , negatif-positif, dan positif-negatif. Sudah ketahuan jika hanya pin nomor 5-7 yang susunannya terbalik dari yang lain.
    Lalu, bagaimana menemukan kabel positif dan negatif ? Untuk mudahnya  lihat saja warnanya. Kabel negatif umumnya berwarna putih atau hitam. Tetapi jika kabel putih dan hitam menjadi pasangan maka yang putih yang negatif. Jika tidak ada kabel warna putih atau hitam biasanya akan ada warna merah sebagai kabel positif.


0 komentar:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net