Selasa, 10 September 2013

artikel k3lh


K3LH DALAM PENGGUNAAN PC


§  Definisi

Keselamatan dan kesehatan kerja difilosofikan sebagai suatu pemikiran dan upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan baik jasmani maupun rohani tenaga kerja pada khususnya dan manusia pada umumnya, hasil karya dan budayanya menuju masyarakat makmur dan sejahtera.Sedangkan pengertian secara keilmuan adalah suatu ilmu pengetahuan dan penerapannya dalam usaha mencegah kemungkinan terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja.

Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) tidak dapat dipisahkan dengan proses produksi baik jasa maupun industri. Perkembangan pembangunan setelah Indonesia merdeka menimbulkan konsekwensi meningkatkan intensitas kerja yang mengakibatkan pula meningkatnya resiko kecelakaan di lingkungan kerja.

Hal tersebut juga mengakibatkan meningkatnya tuntutan yang lebih tinggi dalam mencegah terjadinya kecelakaan yang beraneka ragam bentuk maupun jenis kecelakaannya.

§  Keselamatan Kerja

Dari segi keilmuan diartikan sebagai suatu pengetahuan dan penerapannya dalam usaha mencegah kemungkinan terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Pengertian Kecelakaan Kerja (accident) adalah suatu kejadian atau peristiwa yang tidak diinginkan yang merugikan terhadap manusia, merusak harta benda atau kerugian terhadap proses.
A. Kesehatan, keselamatan kerja, dan lingkungan hidup

Dalam melakukan perakitan komputer kita harus memperhatikan kesehatan, keselamatan dan lingkungan hidup disekitar kita. Dalam hal ini yang harus kita perhatikan adalah :
1. Kelengkapan kerja
2. Alat-alat yang membantu dalam pengerjaannya.
3. Kondisi Ruangan harus nyaman
   
Dalam perakitan komputer kita harus memperhatikan K3LH untuk memperlancar proses kerja. Agar tidak terjadinya kesalahan – kesalahan yang tidak diinginkan. Untuk itu kita harus membekali diri kita dengan K3LH dan pengetahuan tentang perakitan komputer. Contoh penggunaan K3LH Seperti dalam perakitan komputer :
- Melengkapi diri dengan warepack
- Ruangan yang nyaman
- Tool yang membuat perakitan komputer.
- Menjauhkan dari keringat, agar tidak terjadi pada alatnya. (korsleting)
- Melakukan perawatan komputer melalui hardware maupun software.

v  Prosedur penggunaan computer

Ketika kita menggunakan komputer dan kadang-kadang kita merasakan rasa lelah, nyeri khususnya dibagian tangan, atau mata terasa penat, hal tersebut bisa disebabkan karena kita salah di dalam mengatur posisi anggota tubuh kita. Mungkin ada baiknya kita mulai sekarang mengatur letak komputer atau posisi tubuh kita ketika menggunakan komputer, apalagi jika kita rutin menggunakannya dan cukup lama penggunaannya. Bagaimana sih posisi sehat tersebut? Berikut ini beberapa kiat yang bisa kita terapkan:

1. Posisi Tubuh :
Badan pada posisi tegak didepan komputer dan jarak pandang antara mata dan monitor sekitar 45-70cm.
zainuri.com
2.Letak posisi  Komputer
zainuri.comBagi pengguna komputer desktop, sesuaikan posisi keyboard, monitor, dan mouse agar kita bisa mendapatkan posisi yang cocok untuk tubuh kita seperti di gambar 1.

3. Penggunaan  Mouse
Ketika menggunakan mouse usahakan agar pergelangan tangan berada pada posisi tidak menggantung atau lebih rendah dari mouse. Usahakan agar posisinya sejajar antara pergelangan tangan dan mouse. Posisi jari tangan usahakan agar selalu lurus ketika ‘idle’.

zainuri.com4. Penggunaan  Keyboard
Seperti pada penggunaan mouse, ketika menggunakan keyboard usahakan agar selalu sejajar seperti terlihat pada gambar.



*      Menjaga lingkungan hidup setelah perakitan
Setiap bagian dari perangkat komputer (monitor, PC, notebook, printer) ini mengandung berbagai macam zat racun yang dapat membahayakan makhluk hidup di sekitarnya, termasuk manusia. Oleh karena itu, dalam pendaurulangannya harus sangat hati-hati dan dengan prosedur yang benar. Jika tidak, maka zat-zat tersebut akan lepas ke udara, air dan tanah dengan tidak terkendali.
v  Printer
Printer adalah perangkat yang paling sederhana untuk didaur ulang. Tidak hanya cartridge-nya yang dapat didaur ulang, namun juga printernya. Mungkin untuk cartridgenya, sebagian masyarakat juga sudah mengetahui bahwa plastik menjadi bahan dasar untuk membuat tempat penampung tintanya. Sehingga proses pendaurulangannya sama dengan seperti mendaur ulang plastik biasa. Namun, isi dari cartridget itu sendiri yang banyak mengandung karbon hitam, harus dibersihkan terlebih dahulu.
Jika cartridge berisikan tinta cair, maka air limbah cucian harus diproses sedemikian rupa agar tidak mencemari sumber air dan tanah di sekitarnya. Sedangkan jika cartridge berisikan pewarna serbuk, maka dengan membersihkannya secara manual akan menyebabkan polusi udara yang sangat berbahaya bagi si pekerja. Sebab karbon hitam yang terhirup melalui udara tersebut dapat menyebabkan berbagai penyakit pernafasan yang sangat berbahaya, seperti asma (sesak nafas).
v  CPU
Di dalam CPU lebih banyak lagi bahan yang memang dapat dimanfaatkan, namun proses pengambilannya juga memiliki dampak buruk yang lebih besar lagi bagi lingkungan maupun kesehatan. Seperti yang kita ketahui bahwa dalam sebuah CPU setidaknya terdapat satu buah papan elektronik (PCB) yang berfungsi sebagai mainboard. Belum lagi bagian lain seperti HDD, Disk driver, CD-ROM, dan masih banyak lagi. Otomatis isi dari CPU ini memiliki lebih banyak komponen yang dapat didaur ulang. Dan tentu saja dengan masing-masing cara yang berbeda pula. Komponen-komponen dalam CPU akan dipilah-pilah menurut bagiannya masing-masing.
.
v  Monitor
Khususnya untuk monitor CRT. Tabung yang menjadi komponen utama monitor ini dinilai sangat berbahaya jika harus dilepaskan secara manual dengan tangan. Mengingat tabung ini termasuk barang yang mudah meledak. Selain itu, mercury dan cadmium di dalamnya juga sangat berbahaya seperti yang telah dituturkan sebelumnya.Jika mercury dan cadmium yang di dalamnya lepas ke alam bebas, maka akan terjadi pencemaran lingkungan . Apalagi jika kedua zat ini masuk ke dalam tubuh manusia secara langsung. Maka dapat dipastikan orang tersebut akan mengalami gangguan fungsi saraf dan otak
v  Modem
Modem merupakan barang yang banyak digunakan pada instalasi di jaringan, namun kebanyak dari pelanggan yang mengeluh karena modemnya rusak. Jadi modem tersebut menjadi salah satu limbah yang ada pada industri tersebut. Cara menangani modem tersebut agar tidak menjadi limbah adalha sebagai berikut :
ü  Menjualnya ke tukang rombeng
ü  Memperbaikinya sehingga dapat digunakan kembali
ü  Sebagai media pembelajaran bagi siswa prakerin untuk memperbaikinya
v  Kabel
Selain modem kabel juga merupakan barang yang selalu ada pada perusahaan elektronika. Terkadang karena sudah terlalu pendek maka kabel sering di buang begitu saja, jadi hal ini juga menambah banyak limbah yang ada. Cara menanganinya adalah sebagai berikut :
ü  Menjualnya ke tukang rombeng
ü  Menggunakannya pada alat-alat yang membutuhkan kabel pendek
ü  Dapat dignakan sebagai media pembelajaran
v  Kardus
Kardus adalah hal yang paling sering ditemukan pada setiap industri terutamanya pada bagian gudang. Apabila tidak diperhatikan akan bertumpuk menjadi sampah. Cara menanganinya adalah sebagai berikut :
ü   Menjualnya ke tukang rombeng
ü  Digunakan sebagai penampung barang bekas agar tidak berserakan
ü  Membuangnya ke tempat pembuangan yang semestinya
v  Mainboard dan barang elektronik lainnya
Rounded Rectangle: NAMA  : ANDREW PRASETYO
NO : 02
KELAS : X TKJ 2Mainboard merupakan hal yang harus diperhatikan karena apabila di buang begitu saja maka rangkaian-rangkaiannya tersebut tidak dapat di uraikan secara alami. Untuk itu lebih baik mainboard dan barag elektronik lainnya di jual ke  tukang rombeng, kerena nantinya akan di bawa lagi ke tempat pengolahan yang lebih baik, namun alangkah baiknya apabila dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

0 komentar:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net